DAERAHNASIONALPENDIDIKAN

Mariani Masagu : Ijasah Paket B Milik Kepala Desa Ilomata Sah

Bolsel, Gebraknusantara.com — Beredarnya informasi melalui media siber tentang dugaan pengunaan ijasah palsu oleh salah satu Kades terpilih Ilomata, Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, pada perhelatan pemilihan Kepala Desa yang di gelar beberapa waktu lalu adalah tidak benar.

Hal ini ditegaskan oleh Drs. Hj Mariani Masagu, Sabtu, (12/06/2021), selaku pemilik Pamong Belajar Bonawang tempat dimana dikeluarkannya ijazah kades tersebut, mengatakan bahwa ijazah paket B yang dimiliki oleh kades desa Ilomata adalah sah dan dapat dipertanggung jawabkan.

” Ijazah yang digunakan oleh kades desa Ilomata terpilih diperoleh sesuai prosedur Badan Standar Nasional Pendidikan.” Terang Mariani.

Pun menjelaskan, Kades Ilomata terpilih atas nama Sirton Rauf pada waktu itu adalah siswanya dalam kelompok pamong belajar bonawang, yang mana pada saat itu kelompok tersebut dibawah naungan Sanggar Kelompok Belajar (SKB) saat daerah bolaang mongondow belum mekar.

Lanjutnya lagi (Dra. Mariani Masagu-red), adapun proses kegiata pembelajaran adalah nonformal, dimana dalam pelaksanaannya berbeda dengan belajar Formal. Namun ijazah yang dikelurkan adalah sah karena blangko ijazah dikeluarkan oleh kementerian pendidikan berdasarkan jumlah siswa yang lulus.

“Salah satunya ijazah yang ada pada kades Ilomata, Bapak Sirton Rauf, karena beliau selesai mengikuti ujian akhir. Jadi apa yang dituduhkan tidaklah benar.” Pungkas Mariani

Di tempat berbeda Ahmad Derek Ismail wakil ketua divisi intelijen dan investigasi Lembaga Pemantau Pembangunan dan Kinerja Pemerintah, (LP2KP) menyarankan agar masyarakat Desa Ilomata jangan terprovokasi dengan adanya informasi yang tidak jelas

Sebab, masih Ahmad Derek Ismail, untuk memalsukan document ijasah dan stempel sangat berbahaya dan bisa kena jeratan hukuman dan begitu juga sebaliknya bagi pelapor dan pemberi informasi yang tidak jelas.(*tim)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button